Asam Salisilat dan Test Kit Asam Salisilat untuk Uji Cepatnya

Beberapa kasus PENGGUNAAN BAHAN BERBAHAYA PADA PRODUK MAKANAN ATAU MINUMAN yang pernah ditemukan adalah penggunaan asam salisilat pada produksi buah dan sayur. Asam salisilat bukan pestisida melainkan sejenis antiseptik yang salah satu fungsinya untuk memperpanjang daya keawetan. Biasanya sayuran yang disemprot asam salisilat berpenampilan sangat mulus, tak ada lubang bekas hama.

Sebagian petani suka mencoba-coba menggunakan bahan kimia untuk mengusir hama. Salah satu bahan yang digunakan untuk itu adalah asam salisilat.

Asam salisilat disemprotkan pada buah untuk mencegah jamur, sementara pada sayuran, asam salisilat digunakan untuk mencegah hama. Sebuah survei menyebutkan, asam salisilat pada sayuran non-organik jumlahnya enam kali lebih banyak dibandingkan sayuran organik.

Asam salisilat terserap tanaman dan meninggalkan residu dalam jaringan tanaman. Karena residunya ada dalam jaringan, maka asam salisilat tak akan hilang meskipun sayur atau buahnya dicuci bersih.

APA ITU ASAM SALISILAT

Sejak zaman dulu efek dari Cortex salicis telah dikenal dan simplisia ini cukup luas penggunaannya sebagai obat. Zat yang berkhasiat disini adalah asam salisilat. Asam salisilat bebas hanya mempunyai efek antipiretik dan analgetik yang ringan.

Turunan yang terpenting dari asam salisilat ini adalah asam asetil salisilat yang lebih dikenal sebagai asetosal atau aspirin.Berbeda dengan asam salisilat, asam asetil salisilat memiliki efek analgesik antipiretik dan anti inflamasi yang lebih besar jika dibandingkan dengan asam salisilat. Penggunaan obat ini sangat luas di masyarakat dan digolongkan ke dalam obat bebas. Selain sebagai prototip, obat ini juga digunakan sebagai standar dalam menilai efek obat sejenis.

Asam salisilat bebas hanya memiliki efek antipiretik dan analgetik yang rendah. Karena timbulnya ransangan pada mukosa lambung akibat diperlukannya dosis tinggi, maka asam salisilat hanya dipergunakan dalam bentuk garamnya. Turunannya yang terpenting adalah asam asetil salisilat yang aktivitas analgetik, antipiretik tetapi juga antiflogistiknya besar.

Asam salisilat dapat diperoleh menurut cara Kolbe-Schmitt dengan hasil hampir kuantitatif melalui reaksi natrium fenolat dan karbondioksida pada 1250C dan 4-7 bar dan kemudian dihidrlolisis. Asam asetilsalisilat diperoleh dengan cara asetilasi asam salisilat dengan katalisis proton.

BAHAYA ASAM SALISILAT

Umumnya, sebagai asam beta-hidroksi (dan tidak seperti asam alpha-hydroxy) asam salisilat mampu menembus dan melonggarkan ikatan lemak dan lipid, sehingga mampu menyebabkan luka bakar kimia moderat untuk kulit jika pada konsentrasi yang sangat tinggi. Bila tertelan, asam salisilat memiliki efek ototoxic dengan menghambat Prestin yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara untuk seseorang. Temuan ini didasarkan pada studi klinis dengan tikus. Suntikan asam salisilat menyebabkan gangguan pendengaran pada pada tikus, sementara injeksi terus-menerus menyebabkan hilangnya kemampuan pendengaran tikus.

Resiko buat ibu hamil jia secara tidak sengaja mengkonsumsi asam salisilat juga ditemukan. Konsumsi asam salisilat dapat mengakibatkan efek pendarahan khususnya pada stadium kehamilan yang sudah besar.

Overdosis asam salisilat dapat menyebabkan intoksikasi salisilat, yang sering digambarkan secara klinis sebagai keadaan asidosis metabolik dengan tanda munculnya alkalosis pernapasan. Pada pasien yang mengalami overdosis akut, data menunjukkan pasien dengan tingkat morbiditas ada 16% dan sampai meninggal ada 1%.

Beberapa orang sangat peka terhadap asam salisilat dan senyawa terkait. FAO sebagai badan pengawasan makanan dunia MELARANG PENGGUNAAN ASAM SALISILAT PADA MAKANAN ATAU MINUMAN. Konsumsi asam salisilat di atas 800 mg / L setelah 6 jam pasca paparan adalah sangat beracun dan dapat mematikan. Intoksikasi salisilat seringkali lebih serius pada anak-anak kecil (> 4 tahun) dibandingkan anak yang lebih tua, yang umumnya dikarenakan adanya perkembangan awal dari asidosis metabolik.

Asam salisilat adalah senyawa yang sangat mudah terikat dengan protein dan ini akan membahayakan untuk kesehatan manusia. Dalam laporan dua kasus keracunan salisilat berat, detak jantung menjadi melambat.

Asam salisilat adalah iritan lambung dan karenanya kerusakan serius dapat terjadi pada lapisan perut jika tertelan. Penggunaannya sebagai obat luar saja dapat menyebabkan alergi. Asam salisilat dapat menyebabkan pengeringan area permukaan kulit yang berlebihan dan iritasi pada beberapa orang. Beberapa orang, terutama penderita asma menunjukkan kepekaan terhadap salisilat.

TEST KIT ASAM SALISILAT

Melihat bahaya kandungan asam salisilat jika tertelan dan fakta beberapa ulah nakal pemakaian senyawa ini untuk mengawetkan produk makanan atau minuman, maka Easy Test meluncurkan produk baru di tahun 2012, TEST KIT ASAM SALISILAT.

Test Kit Asam Salisilat adalah test kit untuk pengujian cepat keberadaan asam salisilat pada produk makanan atau minuman (screening test). Test kit ini didesain untuk 50 kali pemakaian analisis. Harga yang dibandrol untuk test kit ini hanya Rp.300.000,- (belum termasuk ongkos kirim).

HARGA : Rp.300.000,- (untuk 50 x pakai), belum termasuk ongkos kirim. Ongkos kirim ke daerah jawa 50.000,- dan luar jawa 100.000,-

INFORMASI DAN PEMESANAN:

Email ke easy4test@yahoo.com / easy4test@gmail.com atau hubungi 085310135381 / 083879191171

Untuk antisipasi beberapa ulah nakal pengusaha dengan menggunakan bahan berbahaya pada makanan, “EASY TEST” melounching beberapa produk test kit untuk analisis bahan berbahaya pada makanan. BEBERAPA PRODUK yang sudah kami launching dan sudah kami pasarkan meliputi beberapa produk test kit seperti di bawah ini,

EASY TEST juga telah meluncurkan produk terbaru test kit untuk anda semua… DENGAN HARGA YANG PASTI TETAP BERSAING…!!

Informasi lengkap silahkan lihat di link berikut,
- Test Kit Sianida (Cyanide Test Kit)KLIK DISINI UNTUK LEBIH DETAIL
- Test Kit Nitrit (Nitrite Test Kit)KLIK DISINI UNTUK LEBIH DETAIL
- Test Kit Hipoklorit (Hypochlorite Test Kit)Klik disini untuk info detailnya
- Test Kit Iodat (Iodates Test Kit)Klik disini untuk info detailnya
- Test Kit Peroksida (Peroxydes Test Kit)Klik disini untuk info detailnya

Tag: analisis cepat, bahan berbahaya pada makanan, boraks dalam makanan, cyanide test kit, easy test, formalin dalam makanan, info kita, nitrite test kit, test kit, test kit borak, test kit formalin, test kit methanyl yellow, test kit nitrit, test kit pewarna batik, test kit rhodamin b, test kit sianida

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 126 other followers

%d bloggers like this: